Berita Populer

Review Jujur Konsentrasi Perpajakan TSM

Seperti yang pernah disinggung dalam artikel sebelumnya, salah satu konsentrasi di TSM bagi mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi adalah Akuntansi Perpajakan. Di balik jumlah peminat konsentrasi perpajakan yang bisa terbilang banyak, ternyata ada banyak alasan yang melatarbelakangi pilihan mereka terhadap jurusan yang satu ini. Ada yang memilih karena benar-benar ingin terjun ke bidang perpajakan di dunia kerja, seperti menjadi konsultan pajak, staf perpajakan di suatu perusahaan, ataupun fiskus. Ada juga yang memilih karena melihat peluang karier perpajakan yang cukup menjanjikan di masa depan. Jangan khawatir apabila Anda yang masih bingung mengenai konsentrasi apa yang sesuai dengan kemampuan Anda, karena ada pula yang memilih konsentrasi ini karena merasa nilai mata kuliah perpajakannya di beberapa semester lumayan baik, sehingga merasa cocok di jurusan ini. Jika Anda salah satunya, maka alasan ini pun bisa menjadi pertimbangan dalam penentuan Anda.

Sebelum membahasnya lebih lanjut, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa tujuan dari mempelajari ilmu perpajakan ini. Berbeda dengan akuntansi keuangan yang tujuannya adalah menghasilkan laporan keuangan, akuntansi perpajakan bertujuan untuk menghasilkan laporan pajak agar bisa mengetahui berapakah jumlah pajak yang harus dibayarkan oleh wajib pajak, dimana data dari laporan pajak ini berasal dari laporan keuangan tersebut, sehingga tentu untuk mempelajari ilmu yang satu ini, kita juga harus memahami alur dari laporan keuangan dengan baik.

Tidak hanya semata-mata menghasilkan laporan pajak, para mahasiswa tentu juga perlu mempelajari ketentuan perpajakan yang berlaku, terutama di Indonesia. Ketentuan tersebut akrab dikenal dengan sebutan KUP (Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan). Memahami ketentuan ini sangatlah berguna untuk mengetahui hal-hal, seperti batas pelaporan dan pembayaran, tarif-tarif yang berlaku pada masing-masing jenis pajaknya, sanksi yang akan dikenakan apabila melanggar, hingga cara menghitung pajak yang benar. Mungkin muncul pertanyaan di benak Anda, bagaimana jika saya tertarik untuk bekerja di bidang perpajakan yang berada di luar negeri? Tidak perlu khawatir, tidak perlu ragu, karena Anda juga akan disuguhkan dengan mata kuliah Perpajakan Internasional di dalam konsentrasi ini, sehingga Anda bisa dengan leluasa menggali ilmu tersebut dari dosen dan tentunya dilengkapi pula dengan diskusi bersama.

“Ilmu yang saya bawa dari TSM yang paling berpengaruh dalam dunia pekerjaan saya saat ini adalah ilmu akuntansi, pajak, dan leadership. TSM merupakan pilihan yang tepat untuk menimba ilmu. Selain diberikan ilmu yang sangat banyak, TSM juga memberikan gambaran langsung praktiknya saat diterapkan di dunia kerja atau di masyarakat sehingga kita sudah siap menghadapi masa depan.” ujar Virania Febika, S.Ak., salah satu alumni yang pada saat ini bekerja sebagai Tax Supervisor PT Gree Electric Appliances Indonesia.

Setelah menyimak sedikit ulasan mengenai konsentrasi Akuntansi Perpajakan di TSM, apakah Anda mulai merasa ada kecocokan dan ketertarikan untuk mempelajari ilmu perpajakan lebih lanjut melalui konsentrasi ini? Jika ya, maka sampai berjumpa di konsentrasi Akuntansi Perpajakan di semester enam! Jika tidak, maka selamat menunggu ulasan masing-masing konsentrasi akuntansi lainnya! Yang pasti, TSM siap menyediakan yang terbaik untuk menemani Anda dalam meniti karier yang cerah di masa depan! TSM, Transform You for A Brighter Future!