Berita Populer

Seberapa Pentingkah Pengalaman Berorganisasi?

Pertanyaan di atas seringkali muncul dalam benak para mahasiswa, khususnya pada awal memasuki dunia perkuliahan. Ada yang memilih untuk menjadi mahasiswa “kupu-kupu” alias “kuliah pulang kuliah pulang”, ada pula yang memilih menjadi mahasiswa “kura-kura” alias “kuliah rapat kuliah rapat” untuk mengurusi organisasi kampus. Lantas, mahasiswa manakah yang pada akhirnya lebih berkualitas setelah kelak memperoleh gelar sarjana?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, ZigZag English Club mempersembahkan sebuah Webinar Educate & Sharing yang mengangkat tema “Organizational Experiences as a Part of Our Future”. Kegiatan webinar yang dilangsungkan pada 12 Maret 2021 ini, ternyata turut mengundang salah seorang narasumber yang juga telah melewati masa perkuliahannya dengan aktif berorganisasi, dan pada saat ini telah menuai manfaat yang besar dari pengalaman organisasi tersebut. Narasumber tersebut tidak lain adalah Ghania Harsono, S.E. yang saat ini merupakan seorang Content Creator di TikTok. Sebelumnya, Kak Ghania pernah bekerja sebagai auditor di PwC dan juga pernah bekerja di bagian finance di Shopee Indonesia.

“Pengalaman dalam berorganisasi itu sangat berarti dan penting sekali, one step ahead teman-teman nanti akan memasuki dunia karier ataupun berwirausaha, pasti pengalaman menjadi seorang ketua ataupun wakil dalam organisasi ataupun project event itu akan sangat berarti sekali. Karena disitu teman-teman akan belajar tentang public speaking, problem solving, leadership, networking,” jelas Bapak Emir Kharismar selaku Kepala BAMA dalam kata sambutannya.

Membahas tentang organisasi, tentunya tidak terlepas dari kata “kepemimpinan”. Maka dari itu, dalam webinar ini, selain mengupas tentang pentingnya organisasi, Kak Ghania juga menyampaikan materi tentang kepemimpinan, dengan membahas karakteristik pemimpin yang baik, pentingnya kemampuan komunikasi dalam kepemimpinan, cara membangun tim yang baik, dan kesalahan umum yang sering terjadi dalam komunikasi di organisasi.

Acara webinar kali ini berlangsung dengan sangat interatif, terlihat dari antusias para peserta yang mengajukan banyak pertanyaan terkait organisasi, seperti bagaimana menghadapi watak anggota organisasi yang berbeda-beda, bagaimana menjalin hubungan yang lebih baik lagi setelah mengalami konflik dalam organisasi, bagaimana membangun engagement yang baik dan masih banyak pertanyaan lainnya yang sangat berhubungan dengan kehidupan organisasi sehari-hari. Tentunya pertanyaan-pertanyaan ini juga dijawab dengan sangat jelas dan konkret oleh Kak Ghania.

Pada akhir acara, panitia melakukan dokumentasi atas penyerahan sertifikat dan juga plakat yang sudah dikirimkan terlebih dahulu kepada narasumber. Selain itu, panitia juga mengadakan giveaway bagi 3 orang yang beruntung dan doorprize bagi 2 orang penanya terbaik. Sebagai penutup, tidak lupa juga dilakukan sesi foto bersama untuk dokumentasi. Semoga dengan terlaksananya acara webinar kali ini, para peserta bisa mendapatkan pandangan yang baru tentang kehidupan berorganisasi, serta dapat memperoleh manfaat dari setiap materi yang disampaikan. Sampai jumpa pada webinar berikutnya!