Berita Populer

September Ceria… Mahasiswa TSM Menang lagi!

Bulan September baru saja dimulai. Lembaran baru tersebut langsung dihiasi kembali oleh mahasiswa-mahasiswi TSM dengan keindahan gradasi kemenangan. Belum lama ini, salah satu tim akuntansi yang beranggotakan Dessy Onglia, Kevin Khou, dan Michella Pungesdika berhasil meraih juara 2 dalam Sumatera Accounting Competition 2021 yang diselenggarakan oleh Universitas Riau. Pada kompetisi tersebut, TSM berhasil mengungguli sebanyak 17 universitas ternama, seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Sriwijaya, Politeknik Medan, dan lain sebagainya.

Sengitnya kompetisi yang berlangsung secara online ini, mengharuskan tim TSM untuk merapatkan strategi cemerlangnya dalam melewati beberapa tahapan. Pada tahap preliminary, setiap peserta diwajibkan menyelesaikan 100 soal Pilihan Ganda yang dikerjakan secara individu. Melalui tahap tersebut, akan disaring 10 tim terbaik untuk kembali bertarung pada tahap semifinal. Uniknya, dalam tahap ini peserta harus menyelesaikan siklus akuntansi dagang dengan waktu yang sangat terbatas. Akhirnya, pada tahap final peserta kembali disuguhkan berbagai pertanyaan seputar akuntansi yang dimuat dalam sistem cerdas cermat.

Tentunya untuk dapat berdiri tegak di atas panggung kejuaraan bukanlah suatu perkara yang mudah. Hal inilah yang membuat anggota tim TSM harus rela menyisihkan waktunya di sela-sela padatnya aktivitas mereka. “Persiapannya pasti harus mengulang terus materi yang ada, melakukan diskusi bersama tim untuk mengatur strategi saat lomba, serta tidak lupa menyisihkan waktu untuk istirahat,” ujar Michella Pungesdika, selaku anggota tim ketika ditanyakan mengenai persiapan yang dilakukan oleh tim.

Tak lupa juga ia menceritakan bahwa lomba ini telah memberikan pengalaman yang luar biasa bagi setiap anggota tim, pasalnya mereka berhasil menyelesaikan tantangan untuk melengkapi soal kasus siklus akuntansi dagang yang terbilang kompleks dengan keterbatasan waktu yang ada. “Akhirnya bisa merasakan lagi mengerjakan siklus akuntansi yang terakhir kali ditemui saat SMK, dan tentunya semakin mengerti bagaimana cara membagi strategi yang baik,” tambah Kevin Khou, selaku anggota tim yang turut membagikan pengalamannya. Alhasil, sebagai buah kemenangan tersebut, tim TSM berhak memperoleh uang tunai dan juga e-certificate dari pihak penyelenggara.

Lika liku telah dilewati dengan sangat baik dalam kompetisi ini. Semoga perjalanan yang luar biasa tersebut dapat terus memberikan semangat motivasi bagi mahasiswa-mahasiswi TSM dalam memperoleh kejuaraannya. Sekali lagi, selamat atas kemenangan yang telah diraih oleh tim akuntansi TSM dan sampai jumpa dalam episode kemenangan selanjutnya!