Berita Populer

Siap Menjadi Wirausaha Muda Bersama EDC TSM!

“Duh, sepertinya saya tertinggal jauh, teman-teman lain sudah pada berbisnis, lho!” “Ah, saya kan masih muda, belum waktunya untuk berbisnis.” Pernahkah timbul pernyataan seperti itu di benak Anda? Jika pernah, berhati-hatilah! Tidak ada kata terlambat atau terlalu cepat untuk memulai usaha. Ingatlah, kesuksesan tidak akan datang dengan sendirinya tanpa usaha. Sampai di sini, Anda tentu menjadi lebih waspada dan mulai berpikir akan apa yang harus Anda lakukan bukan? Jangan bingung dan jangan takut! Mungkin saat ini Anda mau mengembangkan usaha namun masih kekurangan modal, atau Anda belum mempunyai usaha sama sekali dan bingung bagaimana menetapkan konsep usaha yang ingin dibangun. Tenang saja, kalau kata Tokop*d*a, “Mulai Aja Dulu!” Benar sekali, untuk membangun suatu bisnis, tentu harus berani mengambil langkah awal terlebih dahulu, tetapi tidak serta merta hanya berani, namun juga perlu menemukan pedoman atau bimbingan yang tepat agar tidak salah langkah.  Bagaimana caranya menemukan pedoman tersebut? Ingatlah kata G*j*k, “Pasti Ada Jalan!”

Trisakti School of Management membukakan jalan bagi Anda yang ingin berbisnis dengan menghadirkan EDC yang merupakan singkatan dari Entrepreneur Development Center. EDC hadir untuk membantu mahasiswa yang ingin membangun konsep model bisnis yang baik dan sederhana, serta mengarahkan konsep tersebut agar dapat diaplikasikan ke dunia nyata dengan bantuan dan dukungan dari para akademisi maupun praktisi. Lebih spesifiknya, EDC berkarya dengan berfokus pada program bisnisnya yang dikenal dengan sebutan Inkubator Bisnis TSM dimana program ini diperuntukkan bagi internal TSM. Dalam Inkubator Bisnis TSM, terdapat beberapa program, salah satunya Program Internal Dana Bergulir. Program ini dapat memberikan dana sebagai modal usaha maupun fasilitas pembinaan kelompok usaha bagi mahasiswa Trisakti School of Management untuk meningkatkan kualitas kemampuan mahasiswa di bidang entrepreneurship secara berkesinambungan sesuai dengan standar nasional dan internasional. Selain itu, EDC juga bergerak dalam menyukseskan program eksternal yang diluncurkan oleh Kemendikbud dan Pendidikan Tinggi (Dikti), yakni Program Kreativitas Mahasiswa – Kewirausahaan (PKM-K), Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI), dan Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI). PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan perguruan tinggi.

Setelah berhasil membentuk konsep usaha yang Anda inginkan, tentu diperlukan media untuk mempromosikan atau memasarkan usaha tersebut. Dalam hal ini, EDC membantu para anggotanya agar dapat menyebarluaskan usahanya melalui Web Catalogue yang tentunya disediakan secara gratis! Web Catalogue dapat diakses di www.edctsm.com. Di sini, Anda juga bisa menemukan informasi seputar EDC serta menghubungi EDC jika Anda tertarik untuk mendaftar sebagai member.

“Dengan mengikuti program EDC ini, kami dilatih untuk dapat menjadi pengusaha, dimulai dari perencanaan usaha dengan membuat proposal yang berisi rincian-rincian produk yang akan dijual, kerja sama tim, pemecahan masalah bersama, hingga dari yang awalnya takut untuk membuka usaha, kini menjadi lebih berani dan berkembang dengan adanya bimbingan dari mentor kami yang ada di EDC. Selain itu, modal awal usaha yang diberikan oleh program EDC sangat membantu kami dalam membuka usaha makanan ini bersama,” ujar tim Joice Toast.

Bagaimana? Sudah menemukan banyak jalan menuju kesuksesan bukan? Ingatlah, kesempatan tidak datang dua kali. Gunakanlah kesempatan yang ada dengan semaksimal mungkin agar tidak menyesal di kemudian hari. Akhir kata, mari kita tutup dengan sebuah kutipan inspiratif dari Mark Zuckerberg, “Some people dream of success, while others wake up and work hard at it.” Semoga dengan adanya EDC, semakin banyak pengusaha muda yang tumbuh dari mahasiswa/i Trisakti School of Management yang nantinya dapat berguna bagi masyarakat luas!