Berita Populer

Sudahkah Anda Berinvestasi

Investasi merupakan suatu kegiatan penanaman modal yang dapat dilakukan oleh siapa saja dengan harapan memperoleh keuntungan maksimal di kemudian hari. Masa pandemi menjadi era yang sangat berwarna bagi dunia pasar modal Indonesia. Siapa sangka, kondisi krisis ini, rupanya banyak menumbuhkan minat masyarakat Indonesia untuk mulai berinvestasi. Hal tersebut tercermin dari melonjaknya jumlah investor baru yang tercatat sejak awal tahun 2021, bahkan OJK mencatat jumlah investor mengalami kenaikan sebesar 16.24% hanya dalam kurun waktu dua bulan. Menyadari pentingnya untuk melakukan investasi, Trisakti School of Management kembali melaksanakan sharing session part ketiga dengan mengupas tuntas seputar dunia investasi.

Pemaparan materi disampaikan oleh Bapak Beny, S.E., M.B.A., RSA., CRP., CFP., selaku narasumber.  Sebagai pembuka, narasumber memberikan beberapa statement singkat kepada partisipan. Melalui statement ini, partisipan diajak untuk berpikir kritis dalam menentukan antara mitos dan fakta dari pernyataan tersebut. “Mulai investasi sebenarnya tidak ribet, makin simple, makin terjangkau. Sekarang kita makin dipermudah dengan kecanggihan teknologi, sehingga segalanya dapat dilakukan secara online,” ujar narasumber dalam membahas fakta dalam memulai investasi.

Setelah itu, materi diawali dengan pengenalan singkat tentang konsep inflasi serta dampak dari inflasi tersebut. Untuk membuatnya lebih mudah dipahami, narasumber memberikan ilustrasi singkat tentang konsep uang menurut waktu. “Dulu kalau kita memiliki uang 100 ribu bisa mendapatkan 1 troli penuh, makin kesini kita hanya dapat membeli beberapa barang saja. Perasaan tidak beli apa-apa, tetapi uang sudah habis saja. Ini adalah dampak inflasi, dimana nilai uang akan semakin kecil dari waktu ke waktu,” jelas narasumber. Setelah pengantar materi disampaikan, narasumber menjelaskan beberapa poin penting yang harus diperhatikan oleh calon investor sebelum melakukan investasi. Beliau menyampaikan bahwa pertama-tama calon investor harus mengenali profil risikonya terlebih dahulu, kemudian menentukan tujuan investasi, dan budget yang dikeluarkan, serta memutuskan instrumen yang akan diinvestasikan.

Setelah pemaparan materi usai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Adapun salah satu partisipan menanyakan tentang industri yang masih bagus saat ini. “Industri F&B (makanan dan minuman) masih aman. Pandemi boleh berlangsung seberapa besar, tetapi semua orang pasti membutuhkan makanan. Perbankan juga masih bagus, walaupun kondisi sekarang masih kurang bagus,” jawab narasumber. Setelah itu, acara ditutup dengan pembagian doorprize dan e-certificate sebagai bentuk apresiasi kepada narasumber.

Jadi sudahkah Anda menentukan pilihan untuk berinvestasi? Ingatlah, investor Warren Buffet pernah menyampaikan pesan “Never depend on single income. Make investment to create a second source.” Akhir kata, semoga pembahasan yang telah disampaikan dapat menambah minat partisipan dalam menentukan pilihan investasinya. Sampai jumpa dalam sesi berikutnya!