Berita Populer

Tips Membangun Bisnis yang Kreatif dan Inovatif

Dalam perjalanan menjadi pengusaha yang mendirikan suatu bisnis, banyak sekali tantangan dan hambatan yang akan dihadapi oleh si pengusaha dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis yang sedang dijalani. Tantangan tersebut bisa dari sisi keuangan atau pembiayaan, pemasaran ataupun logistiknya. Dalam menghadapi tantangan ini perlu untuk memiliki sudut pandang dan pola berpikir yang tepat seperti pantang menyerah dan juga berani untuk mencoba hal-hal yang inovatif. Pada tanggal 30 April 2021, TSM memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i nya untuk mengenal lebih dalam tentang dunia pengusaha dan pengalaman berbisnis yang di bagikan oleh Reza Fahlevi selaku Commercial Partnership Manager DANA Indonesia dalam Webinar dengan tema “Income management for Youth Entrepreneur”.

Sebagai pengusaha muda, kita harus mempunyai kepekaan akan trend seperti apa yang sedang berkembang dan bisa memprediksi apa hal inovatif yang akan dilakukan di waktu yang mendatang. Menjadi seorang pengusaha juga harus mempunyai mental dan pola berfikir yang cocok. “Kita tidak bisa menjadi ahli dalam segala bidang, tapi kita bisa belajar segala hal.” Ujar pembicara. Selain itu, perlu juga untuk pantang menyerah dalam menjalani bisnis. Ketika menghadapi suatu tantangan kita terkadang bisa gagal, tetapi harus bisa membuat kegagalan itu menjadi pelajaran untuk terus melanjutkan usaha dalam bisnis yang kita jalankan. Menjadi Pebisnis juga harus mempunyai mental Leader, bukan mental boss. Hal itu karena dalam menjalankan bisnis perlu adanya kolaborasi dari semua pihak terkait agar bisa berjalan dengan baik dari hulu ke hilir. “Having mentality to become a Leader and serve with love is more important than becoming a Boss” tambah pembicara.

Penyampaian materi yang sangat mudah dipahami, pembawaan sesi yang sangat friendly, dan sesi tanya jawab yang intens, membuat acara Webinar yang bertema “Income management for Youth Entrepreneur” ini berlangsung dengan lancar dan juga memberikan kesan positif bagi partisipan. Sebagai penutup, “beranilah untuk meng-explore setiap tantangan, arungi lautan yang penuh rintangan dengan pantang menyerah bersama partner bisnis kalian dan juga stay humble”. Ujar beliau sebagai kalimat penutup webinar kali ini.