Berita Populer

Trisakti School of Management Menyelenggarakan 1st International Conference on Sustainability Accounting and Business (ICSAB)

            Trisakti School of Management (TSM) memiliki kerjasama internasional dengan berbagai institusi pendidikan tinggi di wilayah Asia. Dalam rangka menjalin Kerjasama internasional ini, maka TSM menyelenggarakan 1st International Conference on Sustainability Accounting and Business (ICSAB), yang berkolaborasi dengan ACCA, Universitas I-Shou di Taiwan, Universitas Burapha di Thailand, Universiti Kebangsaan Malaysia serta Asia E-University pada  16 Mei -17 Mei 2023 secara daring.

Konferensi ini diadakan untuk menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa mahasiswa TSM tidak hanya dapat melakukan penelitian tingkat nasional, namun juga mampu melakukan penelitian tingkat international, baik secara mandiri maupun berkolaborasi dengan para dosen. 1st ICSAB dihadiri kurang lebih 500 peserta dari dalam negeri dan luar negeri.

1st ICSAB dibuka oleh Bapak Arya Pradipta, S.E., Ak., M.E., CA. selaku pimpinan Trisakti School of Management dan dilanjutkan oleh Ibu Dr. Astrid Rudyanto, S.E., M.Ak., CSRS., CMA. selaku ketua penyelenggara  1st ICSAB.  Keynote speech pertama disampaikan oleh Prof. Ainun Naim selaku Ketua Pengurus Yayasan Trisakti. Beliau menyampaikan bahwa terdapat disaster di skala global hingga perusahaan dan akademisi penting untuk mencakup nilai etis dan keberlanjutan dalam kausa-kausa yang relevan. Selanjutnya, Dr. Sudeep Debkuumar dari BUUIC, Thailand  menyatakan bahwa sustainability accounting merupakan concern di komunitas luas dan telah berhasil mengupas isu pekerja hingga hak asasi. Isu seputar bidang Akuntansi yang terdampak kemajuan teknologi sehingga menimbulkan pertanyaan mengenai eksistensi bidang akuntansi dalam dunia kerja menjadi topik menarik yang dibawakan oleh Bapak Irwanto Handojo,S.E.,M.Si. Beliau menekankan bahwa akuntansi lebih dari sekadar angka, melainkan mencakup seluruh aspek dalam berjalannya organisasi.

Hari kedua penyelenggaran 1st ICSAB 2023 tidak kalah menariknya. Pembicara di hari kedua ini terdiri dari Juhary Ali dari Asia E-University, Yimu Chen dari I-Shou University, Calvin Wong dari ACCA, dan Mohd Rizal Palil dari UKM, Malaysia.

Konferensi internasional bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta diseminasi hasil penelitian internal maupun eksternal. Isu-isu yang berkaitan dengan proses keberlanjutan di bidang akuntansi dan bisnis menjadi pembahasan dalam dua hari penyelenggaraan konferensi. Seperti yang kita ketahui, keberlanjutan dari sektor lingkungan, sosial, dan ekonomi merupakan agenda perubahan yang mendesak. Dunia ekonomi yang terus menerus berkembang, berhasil menimbulkan banyaknya isu-isu baru yang perlu diteliti dan ditelaah lebih jauh. Permasalahan inilah yang menjadi fokus dari konferensi internasional yang dilaksanakan oleh TSM, dimana melalui konferensi ini diharapkan diperoleh gambaran yang lebih jelas serta mitigasi dari segala isu seputar akuntansi dan bisnis

            Dengan kekayaan ilmu dan insight baru dari pembicara-pembicara yang terpandang, penyelenggaraan 1st ICSAB 2023 diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada para akademisi yang terlibat untuk mempresentasikan penelitian yang telah mereka susun, dan mendapatkan penilaian langsung dari panel internasional. Berjalannya ajang internasional ini di TSM juga mendorong mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam berpikir kritis, meningkatkan awareness akan isu terkini, dan mengasah skill menulis jurnal yang baik.