Berita Populer

TSM & Indonesia Marketing Association (IMA) Gelar Seminar “Dream to Become Entrepreneur” dalam Rangka Mendorong Pengembangan Youngpreneur

          Ketertarikan generasi muda di Indonesia untuk berwirausaha cukuplah tinggi sehingga muncul istilah baru seperti Youngpreneur. Banyak mahasiswa TSM yang tertarik dan bahkan sudah terjun kedalam dunia wirausaha. Bagi mereka yang belum pernah memulai usaha pun tidak jarang memiliki berbagai pertanyaan dan keraguan terhadap kemampuan diri pada saat memutuskan terjun di dunia usaha. Berkaitan dengan hal tersebut, TSM dan Indonesia Marketing Association (IMA) memiliki tujuan memperluas wawasan mahasiswa tentang cara menjadi wirausaha muda atau youngpreneur. Menggagas tema “Dream to Become Entrepreneur”, seminar ini dilaksanakan pada Jumat, 12 Mei 2023 di Ruang Auditorium TSM Jakarta. Hadir sebagai pembicara adalah Ade Wicaksono, Co-Founder & Chief Marketing Officer PT. Tiga Global Sejahtera (T-REC), VP Entrepreneurship & Tourism Indonesia Marketing Association (IMA) Jakarta, dan member Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI Jaya) Angkatan 2022.

             “Kata orang, menjadi pengusaha itu…” adalah kalimat yang ditanyakan Ade kepada peserta sebelum memulai seminar. Para peserta yang sangat antusias pun mencoba menjawab dengan berbagai macam jawaban. Dari berbagai jawaban yang dilontarkan para peserta, Ade menyimpulkan bahwa mahasiswa TSM sudah sangat aware dengan rintangan yang dihadapi saat seseorang tengah berwirausaha. Beliau pun mengatakan, pencapaian saat ini, adalah dari sekian banyak usaha yang pernah coba dilakukan.

Ketakutan untuk mencoba serta ragu untuk memulai, menjadi kendala utama bagi sebagian orang yang ingin memasuki dunia usaha. Belum lagi rasa malu akibat diacuhkan orang dan risiko lainnya. Hal itulah, yang terkadang menjadi sumber pesimistis untuk membangun usaha dan menjadi entrepreneur. Oleh karena itu, sebagai langkah awal, seseorang perlu menciptakan motivasi diri untuk menjadi seorang entrepreneur. Motivasi ini nantinya akan menumbuhkan jiwa kewirausahaan di dalam diri yang ingin terjun langsung dan merintis usaha atau bisnisnya. Beliau pun memberikan tips bagi para peserta yang hadir yaitu 5 + 1 Tips.

Dengan gaya penyampaian yang asik dan santai, Ade menjelaskan 6 tips atau disebut sebagai 5 + 1 Tips kewirausahaan yang harus dimiliki khususnya bagi para entrepreneur muda atau youngpreneur.

  1. What & Who. Definisikan mimpi dan tujuanmu dengan jelas serta terukur, dan tentukan siapa target customer Anda?
  2. Setiap usaha pasti butuh modal entah itu modal sendiri, angle investor, atau dari institusi keuangan.
  3. Setiap usaha tidak dapat berjalan ‘sendiri’ kalau ingin berkembang, bentuklah tim.
  4. Tentukan Langkah awal dan mulailah.
  5. Dengar setiap masukan dan kritikan untuk berkembang.
  6. Segala sesuatu yang baik hendaknya diawali dengan doa dan niat yang tulus.

Pelaksanaan seminar ini bertujuan menjadi sarana edukasi bagi mahasiswa TSM di bidang kewirausahaan. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong lahir lebih banyak youngpreneur yang inovatif, kreatif, dan memiliki usaha berkelanjutan. Jadi, bagi kalian anak muda yang ingin memulai usaha, janganlah takut untuk memulai karena usia muda bukanlah penghalang kalian menjadi entrepreneur sukses. So, what are you waiting for? Let’s be the next youngpreneur!