Berita Populer

TSM Memberikan Dukungan Ilmu dan Wawasan ke SMA dan SMK

TSM Memberikan Dukungan Ilmu dan Wawasan ke SMA dan SMK

Mengabdi, teruslah mengabdi! Frasa mulia yang satu ini tengah membangunkan seisi jiwa dan raga Sivitas Akademika TSM dalam memberikan kontribusinya kepada masyarakat. Dengan tekad serta niat yang kuat, TSM bersikeras melanjutkan kegiatan pengabdian masyarakat secara rutin di tengah suntuknya situasi pandemi. Wujud pengabdian tersebut didedikasikan melalui kegiatan pengajaran secara daring (webinar) yang ditujukan kepada siswa-siswi, serta guru pendidik yang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Topik pembahasannya sangatlah beragam, mulai dari dunia pasar modal, akuntansi, perpajakan, hingga menjalar ke ranah organisasi. Baru-baru ini, TSM telah mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di SMK Tunas Karya Pangkal Pinang untuk membangun jiwa kepemimpinan yang berkualitas dalam diri generasi muda. “Kepemimpinan di masa mendatang akan menghadapi banyak tantangan yang berat karena adanya perubahan-perubahan yang berlangsung secara dinamis. Oleh karena itu, diperlukan generasi muda calon pemimpin bangsa yang dapat melakukan antisipasi, serta memberikan solusi demi kemajuan Bangsa Indonesia,” ujar Dr.Aulia Danibrata, S.E., M.M., selaku dosen pengabdi. Sejalan dengan kegiatan organisasi, Ibu Erika J.A., S.E., M.M., CRP., CPF., CFP., juga menambahkan tips dalam menyusun proposal kegiatan yang profesional bagi pengurus organisasi.

Beralih dari ranah organisasi, TSM juga kerap menyiratkan simulasi-simulasi kecil yang akan memberikan gambaran nyata kepada partisipan. Harapannya, simulasi ini dapat memudahkan partisipan dalam memahami materi. Seperti yang dilakukan oleh ibu Meiriska Febrianty, S.E., Ak., M.E., BKP, CA., CPA., selaku dosen pengabdi ketika memberikan simulasi pengisian SPT tahunan orang pribadi karyawan dengan menggunakan formulir 1770 S di SMK Pelita IV. Perlu digaris bawahi, dosen-dosen TSM yang mengabdi telah mengantongi kompetensi bidangnya masing-masing, sehingga tak perlu diragukan lagi keahliannya.

Kegiatan pengabdian yang diluncurkan oleh TSM berhasil mendatangkan manfaat sedemikan rupa bagi seluruh partisipan, terutama dalam menunjang perjalanan karier mereka. Feedback tersebut salah satunya dituangkan oleh Bapak Aprianto Romatua, S.Pd., selaku perwakilan sekolah Kristoforus II yang menyampaikan bahwa kerja sama dan pelatihan dari TSM sangat membantu pihak sekolah dalam menunjang pengetahuan, serta soft skill peserta didik mereka. Oleh karenanya, tak jarang dari mereka mengharapkan kerjasama ini dapat terjalin secara berkesinambungan.

Inilah sebagian kisah yang mewarnai kilas balik perjalanan pengabdian masyarakat yang TSM. Semoga kedepannya, kegiatan ini dapat terlaksana secara offline agar seluruh partisipan dapat berinteraksi secara langsung. Akhir kata, salam sehat dan sampai jumpa dalam cerita berikutnya! #TSMengabdi

Back to list