Berita Populer

UKM Futsal Menunjang Minat Mahasiswa TSM Dalam Dunia Olahraga

UKM Futsal Menunjang Minat Mahasiswa TSM Dalam Dunia Olahraga

Kuliah tidak hanya terbatas pada pendidikan saja. Ini dibuktikan dengan fakta bahwa Trisakti School of Management (TSM) sangat berfokus kepada minat dan hobi dari para mahasiswanya. Tentunya, hal ini akan membantu mereka dalam menjernihkan pikiran dan melepaskan diri dari situasi yang membuat stres. Salah satu wadah yang disediakan oleh TSM adalah Unit Kegiatan Mahasiswa atau biasa disingkat sebagai UKM. UKM ini terdiri dari berbagai jenis kegiatan untuk mengembangkan potensi serta bakat mahasiswa TSM. Salah satu UKM yang disediakan adalah futsal. Siapa yang tidak pernah mendengar kata futsal? Futsal, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah permainan sepak bola dengan lapangan dan gawang yang lebih kecil. Biasanya futsal dimainkan di dalam ruangan yang besar dan tim pemain hanya terdiri dari lima orang.

Setelah sedikit berbincang dengan Ketua UKM Futsal yaitu Yudhistira Dinta Wahyu Pratama, maka kali ini kita akan membahas dan mengenal lebih jauh apa saja kegiatan yang ada di dalam UKM Futsal. Walaupun terhalang oleh pandemi, anggota UKM Futsal ternyata tetap melaksanakan latihan rutin, lho! Tentunya, ini dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada. Karena letak kampus yang berbeda yaitu di Grogol dan Bekasi, biasanya tim futsal TSM mengadakan latihan rutin di hari yang berbeda untuk tiap kampus. Kampus Grogol biasanya melakukan latihan rutin di hari Jumat, sementara kampus Bekasi di hari Rabu dan Jumat. Biasanya latihan ini dilakukan di lapangan Sayan Futsal Family. Selain rutin berlatih, mereka juga tetap melakukan rapat guna menjalani dan menyukseskan program kerja daring yang sudah direncanakan. Koordinator UKM Futsal ini juga menegaskan bahwa kuliah merupakan prioritas bagi mereka, sehingga jadwal latihan akan dibuat setelah melakukan pendataan jadwal kuliah dari masing-masing anggota supaya tidak mengganggu jam kuliah mereka.

Tentunya usaha tidak akan mengkhianati hasil. Tim futsal TSM sudah berhasil meraih beberapa penghargaan dari jerih payah latihan rutin yang mereka lakukan. Terbukti dengan para mahasiswa berprestasi yang menjadi runner-up di Trisakti Futsal League pada tahun 2018 dan 2019. Selain itu, tim futsal TSM juga berhasil meraih peringkat 3 di turnamen HI. Tentunya futsal TSM sedang berkembang pesat, dimana dari latihan rutin yang mereka lakukan, mereka berharap dapat mengikuti berbagai kompetisi ke depannya. Sangat berambisi, bukan?

Untuk menjadi bagian dari UKM Futsal, Yudhistira mengatakan bahwa tidak ada syarat tertentu untuk bergabung. Jika mahasiswa TSM memiliki hobi dan kemampuan untuk bermain futsal, maka mereka dapat menghubungi koordinator di kampus Grogol dan kampus Bekasi. Setelah itu, para calon anggota bisa langsung bergabung mengikuti latihan rutin. Namun, Yudhistira juga menekankan bahwa sebaiknya sebelum bergabung, para calon anggota memastikan bahwa diri mereka secara jasmani dan rohani tergolong sehat. Hal ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Bagi mereka yang memiliki penyakit asma, jantung, atau penyakit berat lainnya dianjurkan tidak memaksakan diri karena olahraga futsal cukup berat dan memerlukan fisik serta mental yang kuat.

“Bagi kalian yang memiliki hobi dan kemampuan bermain futsal, boleh bergabung dalam UKM Futsal TSM. Jangan malu atau ragu-ragu karena disini kami berkembang bersama dan ingin meraih prestasi di kompetisi ke depannya. Untuk offline, kita akan latihan di lapangan kampus. Terakhir, di kampus TSM tidak ada senioritas, jadi enjoy aja!” pesan dari Yudhistira bagi Anda mahasiswa TSM yang tertarik untuk menjadi bagian dari UKM yang satu ini.

Jadi, tunggu apalagi? Kalau Anda tertarik untuk menjadi bagian dari UKM Futsal, jangan lupa untuk daftarkan diri Anda!