Berita Populer

Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) TSM: Wadah bagi Mahasiswa Muslim untuk Beribadah

Dalam mengembangkan minat dan bakat para mahasiswa, Trisakti School of Management (TSM) menyediakan wadah berbentuk organisasi agar mereka dapat berekspresi dan berkembang. Salah satu wadah yang disediakan oleh TSM khusus untuk mahasiswa yang beragama Islam ialah Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI). UKKI sendiri merupakan bentuk unit kegiatan kerohanian yang menjadi rumah bagi umat muslim dan civitas kampus untuk mendalami ilmu keagamaan Islam sesuai dengan kaidah yang dituangkan dalam Al-Qur’an dan Hadist.

Tentunya, untuk mendalami ilmu keagamaan Islam para anggotanya, UKKI juga menyiapkan kegiatan seperti Kajian Umum dan Sharing Session. Seperti yang kita ketahui, setiap Unit Kegiatan Kerohanian memiliki jadwal rutin pada setiap hari Jumat pukul 10.30. Begitu juga dengan UKKI ini, dimana kegiatan Sharing Session dilaksanakan setiap hari Jumat pukul 10.30. Dalam melaksanakan Sharing Session ini pun terkadang pihak internal UKKI mengundang pembicara untuk menyampaikan materi dengan tujuan untuk meningkatkan ilmu keagamaan Islam.

Namun, selain mengundang pembicara, para pengurus UKKI juga berkesempatan untuk melakukan sharing. Naufal Faris selaku Ketua UKKI membeberkan bahwa untuk kegiatan Sharing Session UKKI lebih sering memberikan kesempatan untuk para pengurus UKKI dalam menyebarkan seputar ilmu agama dan menceritakan kehidupan yang mereka jalani serta dikaitkan dengan ilmu agama Islam. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan keputrian oleh para akhwat (sebutan perempuan muslim dalam bahasa Arab) dikarenakan para ikhwan (sebutan lelaki muslim dalam bahasa Arab) harus segera melaksanakan salat Jumat.

Di samping itu, UKKI juga mengadakan kegiatan yang disebut sebagai Tahsin yang dilaksanakan secara rutin sebulan sekali. Tahsin adalah sebuah kegiatan untuk belajar cara memperbaiki bacaan Al-Qur’an. Dalam hal ini, pihak internal UKKI akan mengundang seorang guru yang ahli di bidang Tahsin, sehingga para anggota UKKI dapat belajar membaca Al-Qur’an dengan lebih baik secara langsung dari ahlinya.

Kegiatan Kajian Umum sendiri merupakan bagian dari kegiatan Festival Ramadhan yang terlaksana ketika bulan Ramadhan tiba. Pihak internal UKKI akan mengundang pembicara eksternal untuk membagikan materi. Kajian Umum juga dibarengi dengan kegiatan buka bersama karena pelaksanaannya bertepatan dengan bulan Ramadhan, di mana para umat Muslim tengah menjalankan puasa selama 30 hari penuh.

Naufal juga mengatakan bahwa untuk meningkatkan kekeluargaan antara anggota UKKI, biasanya akan diadakan makrab atau malam keakraban. Namun, dikarenakan sedang masa pandemi, pihak pengurus UKKI memutuskan untuk melakukan kegiatan olahraga bersama sebanyak 2 kali dalam sebulan. Hal ini menunjukkan bahwa UKKI tidak hanya berfokus dalam menyebarkan dan memperdalam ilmu agama Islam kepada para anggotanya, tetapi juga memberikan kesempatan para anggotanya untuk saling berinteraksi di luar kegiatan UKKI dan menciptakan tali kekeluargaan yang lebih kuat.

Melalui UKKI TSM ini, mahasiswa muslim TSM  dapat menyalurkan minat, bakat dan keahlian mereka dengan berkontribusi ke dalam program kerja atau program kegiatan yang diselenggarakan oleh UKKI. Dengan banyaknya kegiatan bermanfaat yang ditawarkan di dalamnya, menjadikan UKKI sebagai salah satu organisasi yang tidak boleh terlewatkan, terlebih buat kamu yang merupakan mahasiswa/i TSM yang beragama Islam!