Berita Populer

Yang Muda Yang Berkarya

Sebagai anak muda, tentu kita didorong untuk lebih memanfaatkan kreativitas serta meningkatkan semangat untuk terus berkarya demi memajukan bangsa dan Negara. Semangat ini telah dibuktikan oleh salah satu Putri Raja Yogyakarta, Gusti Kanjeng Ratu Bendara yang menjadi pembicara dalam seminar kali ini bertemakan “Yang Muda Yang Berkarya”. Seminar ini dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2020, dan diikuti oleh kurang lebih 200 peserta.

GKR Bendara merupakan putri bungsu dari Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Gusti Kanjeng Ratu Hemas. Di samping kewajibannya sebagai Penghageng Nitya Budaya yang bertanggung jawab atas Museum Keraton Yogyakarta, beliau saat ini pun sedang menjalankan 2 bisnis yaitu Nurkadhatyan SPA dan Hayyana Skin Care. Melalui kisah bisnis inilah, GKR Bendara mulai menginspirasi anak muda, khususnya dalam seminar kali ini.

Seminar ini dimulai dengan pernyataan “Sebanyak-banyaknya uangmu, tidak akan cukup kalau keuanganmu tidak baik. Keuangan yang baik akan menghasilkan kehidupan yang baik”. Sejak belum genap 14 tahun, GKR Bendara telah dididik untuk hidup mandiri dengan bersekolah di luar negeri. Setelah selesai menempuh pendidikannya, beliau diberikan waktu 5 tahun untuk mengeksplorasi karirnya. Dalam masa 5 tahun itu, GKR Bendara telah melalui berbagai proses dalam membangun karirnya, mulai dari berdagang di pameran, bekerja dengan orang lain, sampai pada akhirnya berhasil berada di titik ini.

GKR Bendara menyampaikan bahwa ada 3 hal yang harus diperhatikan dalam mengelola keuangan. Yang pertama yaitu income utama, dimana income utama ini bisa diperoleh dari pekerjaan ataupun bisnis yang stabil. Yang kedua yaitu menabung. GKR Bendara menyarankan agar kita berusaha untuk tidak meminjam uang orang lain ketika ingin membuka bisnis. Bagi beliau, menabung merupakan penangkal hutang. Menabung bisa dilakukan dalam bentuk saham, P2P, conservative bank, ataupun emas. Yang terakhir yang tidak kalah pentingnya yaitu income tambahan. Income tambahan ini merupakan backup bila terjadi sesuatu pada income utama. Selain memberikan materi mengenai pengelolaan uang, GKR Bendara juga memberikan poin penting yang harus diperhatikan untuk berbisnis di era pandemi, diantaranya beradaptasi, memperhatikan cash flow, dan survive.

Sebagai kesimpulan, GKR Bendara mengatakan bahwa kerjakanlah hal yang kita senangi, karena jika kita tidak senang melakukan pekerjaan kita, kita akan mudah menyerah. Kemudian ketika kita sudah mendapatkan penghasilan dari pekerjaan kita, kelolalah penghasilan itu dengan baik agar dapat mencapai financial freedom. Di samping itu, beliau juga menyampaikan bahwa ketika kita menjalankan bisnis, kita harus memiliki anggota yang satu visi misi dengan kita, sehingga dapat terbangun rasa kekeluargaan yang kuat. Jika kekeluargaan yang dibentuk sudah kuat, bisnis kita akan lebih mudah untuk tetap bertahan ketika dihadapkan dengan tantangan dunia. Selain itu, tentu penting bagi kita juga terus mengatur kembali strategi bisnis dan terus beradaptasi mengikuti perubahan yang ada.

Seminar ini ditutup dengan penyerahan sertifikat penghargaan kepada Gusti Kanjeng Ratu Bendara sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih dari Trisakti School of Management. Tidak lupa juga diakhiri dengan sesi foto bersama sebelum pembubaran acara. Semoga dengan terselenggaranya seminar ini, para peserta dapat lebih terinspirasi dalam mengelola keuangannya serta berkarya untuk membangun bisnisnya demi memajukan Negara.