Berita Populer

Yuk, Intip Sejarah Singkat ASEAN!

Association of Southeast Asian Nations atau yang biasa dikenal dengan ASEAN merupakan sebuah organisasi yang mewadahi kerjasama sepuluh negara di kawasan Asia Tenggara. Terbentuknya organisasi ini dipelopori oleh lima negara diantaranya Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Organisasi ini didirikan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok dengan tujuan memberikan kesejahteraan masyarakat Asia Tenggara. Berdirinya organisasi ini ditandai dengan penandatanganan Deklarasi Bangkok (1967) oleh kelima menteri luar negeri setiap negara yang terdiri dari Adam Malik sebagai perwakilan dari Indonesia, Tun Abdul Razak sebagai perwakilan dari Malaysia, Sinnathamby Rajaratnam sebagai perwakilan dari Singapura, Thanat Khoman sebagai perwakilan dari Thailand, dan Narsisco Ramos sebagai perwakilan dari Filipina. Dimana, isi dari deklarasi tersebut meliputi:

  1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara
  2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional
  3. Meningkatkan kerja sama dan saling bantu antar negara dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi
  4. Memelihara kerja sama yang erat di tengah organisasi regional dan internasional yang ada
  5. Meningkatkan kerja sama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara.

Seiring berjalannya waktu, terdapat penambahan jumlah anggota ASEAN. Penambahan anggota tersebut berjumlah lima negara, diantaranya Brunei Darussalam (7 Januari 1984), Vietnam (28 Juli 1995), Laos dan Myanmar (23 Juli 1997), serta Kamboja (30 April 1999). ASEAN sendiri memiliki lambang berupa sepuluh batang batang padi yang terikat dengan latar belakang berwarna merah serta lingkaran biru dan putih yang mengelilinginya. Setiap bagiannya memiliki maknanya tersendiri. Padi melambangkan kesejahteraan, kemakmuran, kesuburan, dan kekayaan. Sepuluh batang padi yang terikat melambangkan jumlah anggota ASEAN yang terikat dalam persatuan dan solidaritas. Lingkaran melambangkan kesatuan dan keutuhan ASEAN. Warna merah melambangkan keberanian dan dinamisme, warna biru melambangkan perdamaian dan stabilitas, warna putih melambangkan kemurnian, dan warna kuning melambangkan kemakmuran.

Hingga kini pada 8 Agustus 2021, ASEAN telah berumur 54 tahun. Selama 53 tahun lebih organisasi tersebut telah melakukan tugasnya dengan baik dan begitupun akan dilakukannya untuk seterusnya. Itulah sejarah singkat ASEAN bagi sobat-sobat TSM. Semoga dengan hadirnya artikel ini, dapat mengingatkan kembali bahwa ASEAN merupakan salah satu sejarah penting bagi Indonesia. Seperti yang pernah dikatakan oleh Presiden Pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno untuk tidak melupakan sejarah, termasuk ASEAN di dalamnya. Sekali lagi, selamat memperingati hari lahirnya ASEAN!

https://www.tagar.id/tag/asean