Perguruan Tinggi Trisakti School of Management (TSM) pada jurusan Program Studi Manajemen telah mendapatkan akreditasi "UNGGUL" dari BAN PT
Menjadi program studi manajemen yang terkemuka di Indonesia dan diakui secara Internasional
Program S1 Manajemen menyiapkan para mahasiswa untuk menjadi lulusan yang berkelas dunia (berwawasan global) berdasarkan ilmu manajemen sehingga mampu memperoleh sertifikasi professional internasional di bidang manajemen bisnis, yaitu keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia yang kompeten dan berkualitas serta memiliki jiwa wirausaha.
Melalui program yang bersifat inovatif dan kreatif, kurikulum dirancang untuk melatih mahasiswa menjadi profesional dalam bidang manajemen yang memiliki kemampuan wirausaha tanpa meninggalkan nilai-nilai moral dan etika serta peka terhadap perubahan teknologi.
Di samping kemampuan analisis, mahasiwa dibekali pula dengan kemampuan dalam bidang riset sehingga diharapkan mereka tidak menemui kesulitan dalam melanjutkan pendidikan di masa datang. Hal ini disadari karena pendidikan bersifat berkelanjutan dan dinamis.
Program Studi S-1 Manajemen TSM telah terakreditasi dengan mendapatkan peringkat Unggul berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor No. 6249/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/IV/2025 tanggal 22 April 2025 sampai dengan 11 Juni 2026
Menjadi first line manager yang profesional dalam bidang manajemen, memiliki kemampuan entrepreneur, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi serta berintegritas.
a. Profesional dalam Bidang Manajemen (First-Line Manager): Individu yang mampu menganalisis dan mengelola fungsi-fungsi manajemen, yang memiliki kompetensi 6C (Critical Thinking, Collaboration, Creative Thinking, Computational Thinking, Compassion and Communication) sehingga mampu mengambil keputusan dan memecahkan permasalahan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
b. Kemampuan Wirausahawan (Entrepreneur): Individu yang mampu merancang dan membangun bisnis dengan memanfaatkan peluang bisnis, kreatifitas, dan teknologi digital.
Kurikulum Program Studi S1 Manajemen disusun berdasarkan pendekatan Outcome-Based Education (OBE), yang menitikberatkan pada hasil belajar atau Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) terkait dengan profil lulusan dan kompetensi inti (6C) lulusan, serta pengembangan karier masa depan lulusan.
Kurikulum ini dirancang untuk menghasilkan lulusan Sarjana Manajemen (S.M.) yang tidak hanya menguasai teori dan praktik manajerial, tetap juga memiliki sertifikasi kompetensi/profesi, dengan kemampuan berpikir kritis, kreatif, memecahkan masalah dan beradaptasi terhadap perubahan, kolaboratif, komunikasi efektif, dan berkarakter unggul, serta memiliki wawasan kewarganegaraan (citizenship).
Mahasiswa diwajibkan menempuh 141 SKS mata kuliah inti dan umum, serta 6 SKS tugas akhir, yang dapat dipilih dalam bentuk skripsi, nonskripsi, atau laporan tugas akhir dari program Magang MBKM atau program Riset MBKM, sesuai dengan minat dan capaian kompetensi masing-masing.
Mata kuliah pada Program Studi Manajemen terbagi menjadi dua kelompok:
1. Mata Kuliah Umum: mencakup pengembangan karakter, etika, kepemimpinan, dan kewirausahaan.
2. Mata Kuliah Keahlian/Konsentrasi: mencakup bidang keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia.
Setiap mata kuliah telah dipetakan terhadap CPL dan profil lulusan, serta dilengkapi dengan rubrik penilaian berbasis capaian (assessment rubric), guna memastikan proses pembelajaran dan evaluasi berjalan sesuai prinsip OBE.
Guna memperdalam kompentensi mahasiswa pada salah satu bidang manajemen bisnis, maka Program S1 Manajemen menawarkan 3 konsentrasi studi, yaitu : Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan dan Manajemen Sumber Daya Manusia.
Matakuliah konsentrasi wajib ditawarkan pada semester ke 6 (enam). Mata kuliah konsentrasi terdiri dari 3 mata kuliah yang diajarkan dengan metode studi kasus dan 1 mata kuliah metode penelitian konsentrasi yang membahas tentang berbagai penelitian atau riset bisnis yang mengacu pada berbagai jurnal bisnis terbitan lokal maupun internasional. Matakuliah konsentrasi pilihan ditawarkan pada semester ke 7 (tujuh). Matakuliah konsentrasi pilihan secara keseluruhan terdiri dari 9 matakuliah konsentrasi Pemasaran, Keuangan dan Manajemen Sumber Daya Manusia serta 8 matakuliah pilihan lain yang tersedia. Mahasiswa memilih 12 sks matakuliah pilihan, termasuk dapat dipilih matakuliah lintas konsentrasi, agar mahasiswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang lebih fleksibel dan luas pada berbagai bidang ilmu pengetahuan manajemen, sehingga memungkinkan mahasiswa beradaptasi di dunia kerja.
Klik untuk lihat alur mata kuliah:
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi atau Trisakti School of Management (TSM) merupakan perguruan tinggi yang telah mendapatkan akreditasi “UNGGUL” dari BAN PT.
Ada pertanyaan? Hubungi kami