Yayasan Trisakti

“YAYASAN TRISAKTI” didirikan oleh Brigjen dr. Sjarif Thajeb sebagai Menteri PTIP dan K. Sindhunata, SH dari LPKB – Kompartemen Hubungan dengan Rakyat dengan Akte Notaris E. Pondaag Nomor 31 tertanggal 31 Januari 1966.

 

Untuk pertama kalinya, Dewan Pengurus dan Badan Kerja Harian diangkat dengan keputusan Menteri PTIP. Susunan Pengurus Yayasan Trisakti yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri PTIP No. 51 tahun 1966, sebagai Ketua Umum Drs. Ferry Sonneville.

 

Yayasan Trisakti mempunyai ciri-ciri khas, berbeda dengan yayasan-yayasan penyelenggara perguruan tinggi swasta yang lain. Yayasan Trisakti didirikan oleh Departemen PTIP bersama dengan LPKB Kompartemen Hubungan dengan Rakyat, dan Dewan Pengurus serta Badan Kerja hariannya untuk pertama kalinya diangkat dengan keputusan Menteri PTIP.

Karena adanya keterkaitan historis dengan pemerintah maka pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, sejak tahun 1978 menempatkan wakilnya secara ex-officio duduk dalam kepengurusan Yayasan Trisakti. Wakil Pemerintah yang pertama kali ditunjuk untuk duduk dalam kepengurusan Yayasan adalah Prof. Soekisno Hadikoemoro, Direktur Perguruan Tinggi Swasta Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang pertama.

Saat ini Ketua Pengurus Yayasan Trisakti dijabat oleh Mayor Jendral (Purn) Dr. Bimo Prakoso, M.P.A., M.Sc. untuk periode masa jabatan 2013-2018.